Unsur pembentuk iklan meliputi:
- Sumber iklan adalah dari pemasang iklan yang menanggung keseluruhan dana.
- Pesan merupakan isi dari kalimat yang akan disampaikan kepada orang lain.
- Media merupakan sarana yang akan digunakan baik, media cetak maupun media elektronik.
- Penerima merupakan bagian dari penerima yang menjadi sasaran objek dari barang yang akan ditawarkan.
- Efek adalah bagian dari sifat perubahan yang dialami oleh penerima.
- Umpan balik merupakan reaksi yang dihendaki penerima.
Dalam iklan media cetak, iklan dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut:
Iklan baris
Merupakan sebuah iklan dari media cetak (koran) yang penulisan kalimatnya di singkat dan membentuk baris-baris.
Iklan kolom
Merupakan iklan yang di buat dengan bentuk kolom-kolom.
Iklan advertorial
Merupakan sebuah iklan yang penyajiannya di buat seperti bentuk berita.
Iklan display
Merupakan iklan yang bentuk kolom, namun ukurannya lebih besar lagi.
Slogan
Slogan merupakan perkataan atau kalimat pendek yang singkat dan mudah di ingat. Isi pesan dari kalimat slogan hampir sama dengan iklan teks iklan yang sama-sama bertujuan untuk membujuk kepada orang lain.
Syarat slogan
- Kalimat slogan harus singkat
- Memiliki pesan dan tujuan yang tersirat
- Pilihan data yang indah mengandung visi dan harapan
- Objektif dan menarik
Poster
Poster merupakan media informasi yang berbentuk plakat yang terdiri atas tulisan dan gambar.
Syarat dalam membuat poster antara lain
- Terdapat kalimat yang singkat dan efektif sesuai dengan tema pada gambar.
- Bahasa yang jelas dan mudah dipahami.
- Menarik perhatian.
Unsur iklan slogan dan poster
- Iklan memiliki gambar, kata, gerak, suara dan video
- Slogan meliputi kata atau kalimat yang menarik dan terdapat suara
- Poster terdapat unsur gambar dan gerak
Pola penyajian teks iklan, slogan dan poster.
- Untuk yang pertama adalah tentang penyajian iklan yang perlu di perhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut:
- Membuat judul yang menarik, mewakili isi dan pesan yang akan disampaikan.
- Membuat kalimat pembuka pada iklan yang efektif sesuai dengan tema.
- Berisi kalimat persuasif atau ajakan agar orang lain tertarik.
- Terdapat isi tentang keunggulan atau kelebihan produk maupun jasa yang akan tawarkan.
- Menentukan tempat atau lokasi pemasangan iklan, baik melalui media cetak maupun media elektronik.
- Membuat rencana kelanjutan tentang program keinginan yang dicapai setelah memasang iklan.
- Memperbaiki iklan-iklan yang penulisannya salah atau pengeditan.
Penyajian slogan
Teks slogan selalu menyajikan kalimat yang ringkas dan padat. Namun ada juga slogan yang menggabungkan antar kalimat dengan perpaduan gambar. Kalimatnya yang menarik, mencolok dan mudah di ingat oleh publik.
Poster
Poster merupakan bagian dari iklan yang di sajikan dalam bentuk yang lebih bebas. Ada poster yang berisi gambar, simbol, dan angka yang disertai dengan penggabungan foto guna memperindah tampilan poster.
Adapun struktur teks iklan, slogan dan poster adalah sebagai berikut:
Judul
Bagian judul adalah bagian yang sangat penting. Setiap iklan, slogan dan poster tentu memiliki judul yang menarik. Namun ada juga iklan yang tidak mencantumkan judul di dalamnya.
Nama produk barang atau jasa
Pada bagian ini berisi tentang produk barang atau jasa yang akan di tawarkan.
Deskripsi
Bagian yang berisi penjelasan tentang produk dan jasa yang akan ditawarkan kepada orang lain atau khalayak ramai.
sumber : https://www.ruangbelajarlc.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar