Iklan

Sabtu, 29 Agustus 2020

Cara Menemukan Gagasan Utama atau Ide Pokok


Cara Menemukan Gagasan Utama atau Ide Pokok
. Gagasan Utama merupakan suatu materi yang sangat penting untuk diketahui. Nama lain dari gagasan utama adalah ide pokok, gagasan pokok, atau ide sentral. Untuk materi bahasan memahami Ide Pokok, bisa dibilang mudah-mudah sukar (sekilas terlihat mudah tapi jika tidak memahami secara benar akan sangat sulit untuk menemukan ide pokok tersebut) ataupun sukar-sukar mudah (Materi soal ini semakin tinggi jenjangnya, tingkat kesulitan dan pemahamannya pun semakin tinggi dan sukar. Tetapi jika memahami dengan saksama, gagasan utama akan bisa ditemukan).


Sebelum membahas gagasan utama secara lebih mendalam, perlu diingat bagian-bagian paragraf. Setiap paragraf tersusun atas:
1. Kalimat Utama: Kalimat yang menjadi inti atau dasar pengembangan sebuah paragraf
2. Kalimat Penjelas: Kalimat yang berfungsi menjelaskan kalimat utama
Nah, yang perlu diperhatikan di sini adalah kalimat kunci atau kalimat utama. Di dalam kalimat utama itulah ide pokok berada.  Biasanya, ide pokok dinyatakan secara eksplisit (tersurat dengan gamblang) dalam kalimat utama. Gagasan utama dapat ditemukan dengan menghilangkan atau membuang bagian yang tidak penting.


Cara selanjutnya, kita juga bisa menemukan ide pokok dengan memahami bacaan. Kita akan bisa menyaring inti dari bahasan dengan fokus pada bacaan, meningkatkan daya konsentrasi pemahaman. Kuncinya konsentrasi mencari inti bahasan. Ingat, gagasan utama ialah gagasan pokok yang terkandung dalam paragraf.
Langkah mencari gagasan utama:
1. Baca teks wacana tersebut (kalau perlu diulang-ulang)
2. Pahami inti bahasan
3. Tutup teks wacana tersebut dan cobalah menjawab pertanyaan berikut.

Contoh 1

Untuk mencari kalimat utama, kita hanya perlu mencari kalimat yang mencangkup seluruh isi paragraf, yang mana kalimat itu menyeluruh, simpel. Kalimat utama pada umumnya berupa kalimat yang pernyataannya paling umum dalam sebuah paragraf. Adapun cara lainnya yaitu mencari kalimat yang mana kalimat itu di jelaskan oleh kalimat yang lain.

Di kebunku terdapat macam-macam bunga. Ada bunga mawar yang harum dan bentuknya indah. Ada pula bunga melati yang rumpun dengan bau semerbak. Serta, juga ada pula bunga matahari besar yang hampir memenuhi kebunku.

macam-macam bunga dijelaskan oleh = mawar, melati, matahari

Contoh 2

Adapun cara lainnya yaitu kalimat itu di jelaskan oleh kalimat yang lain. 

Perhatikan contoh teks wacana berikut!

Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama. Hal ini karena komponen tersebut ternyata sangat berpengaruh pada kedua pilar lainnya. Seperti seseorang dengan perilaku sehat, tentu akan menjaga lingkungannya tetap sehat juga. Selain itu, dengan perilaku sehat, seseorang akan memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada untuk memelihara kesehatannya.

Pembahasan : 

Perhatikan kalimat kedua. 

Kata "hal ini" mengacu pada "ini perilaku sehat" yang terdapat pada kalimat pertama. Oleh karena itu, kalimat kedua menjelaskan kalimat pertama. Dipastikan, kalimat utamanya adalah kalimat pertama. 

Sedangkan ide pokoknya sendiri tentu adalah perilaku sehat pilar paling utama. (diambil dari kata-kata kunci atau kata-kata penting dalam kalimat utama)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Teks Eksplanasi Kelas VIII

 Assalamualaikum wr. wb. Salam sejahtera buat kita semua. Semoga kalian semua dalam keadaan sehat semua. Anak-anak, kali ini kita akan mempe...